Korelasi Perempuan Dalam Kehidupan Masyarakat Modern

- Penulis Berita

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 10:35 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Korelasi Perempuan Dalam Kehidupan Masyarakat Modern.

Oleh : Adriana Ance

Korelasi perempuan dan kehidupan masyarakat sering kali menjadi perhatian. Hal ini dikarenakan peran perempuan dalam berbagai aspek kehidupan sangat diperlukan, dibuktikan dengan banyaknya perempuan yang mendapat peran dan posisi yang penting dalam berbagai aspek pekerjaan yang menunjang pembangunan dan kemajuan ekonomi.

Saat ini banyak perempuan di Indonesia menjadi pendidik dengan karakter yang kuat dan terus menggaungkan bagaimana pentingnya pendidikan bagi kehidupan.
Perempuan juga menjadi penguat rasa individu yang gentar menghadapi krisis baik skala global, nasional, bahkan individu.
Naluri perempuan akan mampu menyesuaikan semua bentuk gejolak yang terjadi di dalam kehidupan, hal ini terjadi karena perempuan cenderung berpikir dari sisi logika dan naluri yang nantinya akan dipertimbangkan dari berbagai aspek dan indikator yang diperlukan.

Perempuan yang menempati aneka posisi strategi untuk membuat kebijakan, dipercaya memikul tanggung jawab yang besar, menjadi pemikir dan tenaga kerja yang handal, hingga menjadi pendukung emosional yang mumpuni bagi pasangan serta anaknya, menjadi hal yang lumrah dalam kehidupan masyarakat modern.

Menurut situs Binus.ac.id memberikan ruang dan kesempatan serta apresiasi terhadap perempuan, akan membuat society memiliki persepsi yang positif mengenai peran perempuan.
Oleh karena itu kaum perempuan juga perlu menyadari bahwa dirinya memiliki potensi sehingga harus meningkatkan kualitas diri dan menunjukkan kontribusinya bagi kehidupan bermasyarakat dan bagaimana perempuan menjalankan perannya agar bisa menjadi pion serta agen perubahan untuk kelompok perempuan lain.

Berikut penjabaran peran perempuan dalam kehidupan modern yang dapat diuraikan :

1). Peran Ekonomi dan Profesional:
Perkembangan peran perempuan pada dunia kerja modern, termasuk peningkatan partisipasi sektor-sektor yang sebelumnya didominasi oleh laki-laki, seperti teknologi, ilmu pengetahuan, dan bisnis.

2). Peran pemimpin perempuan di politik dan pemerintahan:
Peningkatan representasi perempuan dalam politik dan pemerintahan membuktikan bagaimana pentingnya peran perempuan terhadap hal hal yang berkaitan dengan kebijakan publik dalam pembuatan keputusan.

3). Pendidikan dan Pengetahuan:
Peran perempuan dalam pendidikan dan pengetahuan, termasuk akses dan kesetaraan dalam pendidikan tinggi dan pelatihan keterampilan dengan demikian perempuan mampu menjadi agen perubahan dengan segala ilmu untuk meningkatlan taraf hidup yang lebih baik.

4). Peran dalam Keluarga dan Peran Ganda:
Pencapaian perempuan dalam mengelola peran ganda sebagai pekerja,istri maupun ibu akan membawa dampak yang positif terhadap dinamika keluarga modern.

5). Kesehatan dan Kesejahteraan:
Peran perempuan dalam menjaga kesehatan keluarga dan masyarakat, serta akses mereka terhadap layanan kesehatan reproduksi dan kesehatan mental.

6). Pengaruh Media dan Budaya Populer:
Representasi perempuan dalam media massa dan budaya populer, serta bagaimana ini mempengaruhi persepsi masyarakat tentang peran gender.

7). Hak Asasi dan Perlindungan:
Perjuangan perempuan untuk hak-hak asasi, termasuk kebebasan dari kekerasan gender, hak-hak ekonomi, dan akses terhadap keadilan.

8). Inisiatif Kewirausahaan dan Inovasi:
Peran perempuan dalam kewirausahaan dan inovasi, serta upaya untuk mengatasi ketimpangan gender dalam akses modal dan dukungan bisnis serta upaya peningkatan finansial bagi keberlangsungan kehidupan keluarga, masyarakat, dan negara.

9). Advokasi dan Gerakan Sosial:
Peran perempuan dalam gerakan sosial, advokasi untuk kesetaraan gender, dan perubahan sosial dalam masyarakat modern, dimana saat ini perempuan mampu menjalankan advokasi dengan segala wawasan yang dimiliki serta memiliki kesempatan untuk menjadi ujung tombak penegak keadilan bagi kaum perempuan yang mengalami penindasan baik secara visual, verbal maupun fisik.

10). Pengaruh Perempuan dalam Lingkup Internasional:
Kontribusi perempuan dalam diplomasi internasional, perdamaian, dan keamanan global.

Namun dibalik semua penjabaran tersebut diatas tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak tantangan yang sering dihadapi oleh perempuan untuk mencapai kesetaraan.
Saat ini perempuan indonesia terus menggaungkan harapan yang rasional di berbagai bidang kehidupan, serta harapan untuk masa depan yang lebih inklusif dan adil bagi semua.

Oleh karena itu saya mengajak semua perempuan agar bisa memberikan dedikasi yang baik terhadap semua peran kehidupan modern, karena dengan semua peran yang dijalani oleh perempuan maka perempuan telah berkontribusi secara total demi mencapai indonesia emas 2045.

GELSON _ PATROLINEWS86.COM

Berita Terkait

Ribuan warga meriahkan HUT TNI ke-79 di alun alun Sragen.
Plt Kapolres Boyolali gelar Patroli Skala Besar Dalam rangka Cipta kondisi Oprasi Mantap Praja 2024.
Pemkab Purwakarta Gelar Lomba Pemulasaraan Jenazah
Hilang Tiga Hari, Nenek di Petungkriyono Pekalongan Ditemukan Meninggal di Sungai
Satlantas Polres Pekalongan Bersama Dishub Laksanakan Ramcek di Garasi ZIFA Trans
MOMENTUM HARI SANTRI 2024, PJS BUPATI HARAPKAN SANTRI TERUS BERINOVASI
Momentun Hari Santri 2024 Pjs Bupati Pekalongan Harapkan Santri Terus Berinovasi.
Harga Sayuran Anjlok Hingga 90 %, Pjs Bupati Tinjau Kelompok Tani di Kecamatan Petungkriyono
Tag :

Berita Terkait

Minggu, 27 Oktober 2024 - 22:13 WIB

Banyaknya Penyidik Kangkangi Nota Kesepahaman Kapolri & Dewan Pers, Okus Gumilang: Beri Sanksi Tegas dan Jerat secara Hukum!

Minggu, 27 Oktober 2024 - 20:25 WIB

Penting! Soal Nota Kesepahaman & Kriminalisasi Wartawan, Ini Penjelasan Pembina Club Hukum Elang Maut Indonesia

Minggu, 27 Oktober 2024 - 16:18 WIB

Burnout Pada Wanita Dengan Peran Ganda.

Minggu, 27 Oktober 2024 - 16:13 WIB

Diduga PT Duta Alam Sumatera (DAS) Site

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 21:36 WIB

Cek Ruang Tahanan, Polres Pekalongan Pastikan Kondisi Tahanan Aman dan Lengkap

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 21:32 WIB

Pentingnya Membangun Kesadaran Terhadap Kekerasan Seksual Pada Anak.

Jumat, 25 Oktober 2024 - 18:48 WIB

Forum Penyelamat Nativitas Tidak Mengakui Dan Mempercayai Kepemimpinan Kornelia Yasinta Kimang Secara “De Facto Dan De Jure”.

Jumat, 25 Oktober 2024 - 11:22 WIB

Polres Boyolali Berhasil Tangkap 4 Tersangka Tindak Pidana Perjudian di Wilayah Gladagsari, Boyolali.

Berita Terbaru

LINTAS DAERAH

Ribuan warga meriahkan HUT TNI ke-79 di alun alun Sragen.

Minggu, 27 Okt 2024 - 16:47 WIB