Haul dan Maulid, Antara Kematian dan Kelahiran.

- Penulis Berita

Selasa, 11 Oktober 2022 - 20:33 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Brebes, Patrolinews86, Com.
Haul dan maulid merupakan suatu tradisi umat Islam, yang sangat dinanti untuk diperingati. Namun keduanya memiliki perbedaan, haul peringatan atas wafatnya kyai, wali, sunan dan syekh. Sedangkan maulid lebih khusus yakni peringatan atas kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Demikian tausiah KH Gus Hudallah Abdul Karim pada Haul Syekh Junaedi Al Baghdadi ke 278, yang dikemas bersamaan Safari Maulid Nabi, di Kompleks Makam Syekh Junaedi, Senin (10/10) malam.

“Meski berbeda, esensinya sama, mengingatkan, mendoakan serta meneladani sifat dan sikap yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Kata Gus Huda, kekasih Allah seperti syekh atau waliyullah adalah orang yang berjuang di jalan kebenaran dan menegakan agama, ketika dipanggil Allah jangan dianggap betul betul mati, memang secara lahiriah telah meninggal. Namun sebenarnya mereka masih hidup di sisi Allah.

“Faktanya makam waliyullah banyak yang mengunjungi, banyak yang berziarah dan biasanya banyak warung makan, toko dan pedagang lainnya, mereka mengais rezeki dari keramaian makam, secara tidak langsung menghidupi orang di sekelilingnya,” jelasnya.

Lanjut Gus Huda yang juga pengasuh Pengasuh Ponpes Al Bukhori Desa Sengon Kecamatan Tanjung, haul ini bersamaan dengan rangkaian safari maulid putaran ke-15. Dia berharap semakin banyak orang yang mengikuti acara ini, semakin banyak pula doa dan shalawat nabi dilantunkan untuk keberkahan dan keselamatan umat.

Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH mengatakan, momentum peringatan haul sekaligus Maulid Nabi, diharapkan bukan sekedar peringatan dan mengenang jasa beliau rasulullah ataupun kiprah Syekh Junaedi saja. Terlebih Syekh Junaedi merupakan salah satu ulama penyebar Islam tersohor di wilayah Kabupaten Brebes, khususnya di wilayah pesisir.

“Di momen ini kita dapat merefleksikan rasa cinta dengan meneladani sifat-sifat beliau, sehingga dapat menjadi umat yang lebih baik,” ucapnya.

Narjo berharap, keberadaan pengajian seperti dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt, serta menanamkan kecintaan yang mendalam kepada Nabi Muhammad SAW serta waliyullah.

Kepala Desa Randusanga Wetan H Swi Agung Kabiantara mengucapkan terima kasih kepada seluruh jamaah atas kehadirannya pada acara haul dan maulid, dia juga merasa senang dan bangga dengan banyaknya jamaah, menandakan bahwa masih kuatnya ketakwaan dan keimanan masyarakat.

“Dengan bersama-sama membaca maulid berzanji seraya berdoa, saya berharap masyarakat senantiasa dijauhkan dari musibah, termasuk banjir rob yang sering terjadi di wilayah Randusanga Wetan dan sekitarnya,” ucapnya.

Turut hadir pada acara tersebut, anggota DPRD Brebes, camat berserta OPD Brebes serta warga Randusanga Wetan dan sekitarnya.

(Susi)

Berita Terkait

PENYELAM PT. TIMUR BAHARI DI PLTU BATANG MENINGGAL DI DASAR LAUT
Puluhan Botol Miras Diamankan Polres Pekalongan Dalam Giat Kepolisian yang Dioptimalkan
Penemuan Mayat di Pemakaman Umum Dukuh Drono Ketaon, Diduga Bakar Diri, Polisi Bersinergi Untuk Evakuasi.
Ditinggal Tahlilan, Satu Unit Ruko di Kecamatan Sandai Terbakar
BERBAGI QURBAN, PRIAMANAYA GROUP SALURKAN QURBAN 26 EKOR SAPI
Polres Pekalongan Kurban 7 Sapi dan 2 Kambing, Diantaranya Disalurkan ke Takmir Masjid dan Pondok Pesantren
Idul Adha 1445 H, Lapas Brebes Sembelih 1 Ekor Sapi dan 7 Ekor Kambing
Polres Pekalongan Kota Bagikan Daging Hewan Kurban kepada Warga

Berita Terkait

Kamis, 25 Juli 2024 - 10:15 WIB

Kapolres Pekalongan Kota Pimpin Apel PKS dan Launching Jateng Zero Bullying di SMKN 3 Pekalongan

Rabu, 24 Juli 2024 - 19:19 WIB

Pj.Bupati beserta Ketua FKKC dan Kuwu-Kuwu se Kabupaten Cirebon Hadiri Haul Mbah Kuwu Sangkan

Rabu, 24 Juli 2024 - 19:08 WIB

Sejumlah Mahasiswa KKN Tematik Universitas Nusa Nipa Maumere Membagikan Sembako Kepada Masyarakat Di Kelurahan Kota Uneng

Rabu, 24 Juli 2024 - 12:45 WIB

Gegara Tungku Manual (Hau) Rumah Wasri Warga Desa Mulyajaya hampir habis terbakar..

Selasa, 23 Juli 2024 - 20:28 WIB

POLRI PRESISI JUARA LIGA 2024

Selasa, 23 Juli 2024 - 20:22 WIB

Police Goes To School” Kapolsek Talun Berikan Bimbingan Dan Penyuluhan Kepada MTS Maharesi Siddiq.

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:53 WIB

Jalur Cipasung – Cikijing Sudah Mulai Ditutup Pengguna Jalan Harus Hati hati Cari Jalan Alternatif

Senin, 22 Juli 2024 - 22:37 WIB

Kidung Buhun Daya Tarik Utama Babarit Lembur Dayeuh Kolot Desa Cageur

Berita Terbaru