Danrem 071 : TMMD bantu Pemerintah dan untuk memotivasi tingkatkan kesejahteraan masyarakat serta pererat kemanunggalan TNI-Rakyat

- Penulis Berita

Selasa, 11 Oktober 2022 - 18:28 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Cilacap, Patrolinews86, Com. – Demikian penegasan Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., pada jumpa persnya saat menghadiri Pembukaan TMMD 115 Kodim 0703/Cilacap, di Desa Bulaksari Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap, Selasa (11/10/2022)

Dikatakan lebih lanjut, TMMD yang dilaksanakan TNI dengan kementerian dan lembaga non kementrian, sebagai wahana untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka mengakselerasi pemerataan pembangunan diwilayah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta hal yang paling penting adalah untuk mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyatnya.

Danrem juga menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan dalam TMMD ini juga sebagai bentuk mitigasi bencana, hal ini karena dalam pengerjaannya dipadukan dengan kondisi geografis wilayahnya, seperti halnya dalam pembangunan gorong-gorong sebagai sarana aliran sanitasi agar dapat mengalir dengan baik dan tidak terhambat yang dapat menimbulkan bencana alam banjir maupun tanah longsor.

Terkait dengan mitigasi bencana yang melanda Cilacap, Danrem mengatakan banjir yang melanda Cilacap dikarenakan intensitas hujan yang tinggi yang disebabkan Lalina dari pantai selatan dan juga dikarenakan adanya penggundulan hutan.

“Ini tugas kita bersama untuk melestarikan hutan serta melakukan penghijauan kembali atau reboisasi hutan yang gundul, agar hal serupa tidak terulang kembali”, paparnya.

“Terkait dengan mitigasi bencana, kedepannya akan melakukan langkah-langkah penanggulangan bencana dengan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penghijauan dan juga pentingnya menjaga kebersihan dan membersihkan sanitasi dengan bersinergi bersama TNI, Polri, Pemda bersama steakholder yang ada dan komponen serta elemen masyarakat untuk kesiapan menghadapi bencana”, terangnya.

Pembukaan TMMD 115 Kodim 0703/Cilacap dibuka secara langsung oleh Bupati Cilacap H.Tatto Suwarto dihadiri Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., Danlanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, Waka Polres Cilacap Kompol Suryo Wibowo, S.I.K. Forkopimda Cilacap, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ormas, pelajar, Pramuka, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap beserta pengurus dan anggota serta masyarakat setempat.

Bupati Cilacap dalam sambutannya mengatakan dilaksanakannya TMMD 115 di Bulaksari ini karena animo masyarakatnya yang sangat luar biasa dalam bergotong royong membangun desanya, sehingga kita memberikan apresiasi dan mengusulkan kembali Desa Bulaksari sebagai lokasi digelar kembali kegiatan ini di Bulaksari. “Desa Bulaksari juga pernah sebagai tempat TMMD tahun 2013, hal ini karena kerja bakti dan kegotongroyongan masyarakatnya sangat membanggakan dengan dikoordinir oleh Pokja masing-masing oleh masyarakatnya, digerakkan untuk berpartisipasi secara aktif dalam mensukseskan TMMD”, terangnya.
Dikatakan Tatto, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Gubernur Jawa Tengah nomor : 01 tanggal 06 Oktober 2022 tentang pelaksanaan TMMD Reguler 115 dan Sengkuyung Tahap III Tahun 2022. “TMMD 115 di Cilacap ini juga merupakan kegiatan lanjutan dari TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 yang telah dilaksanakan satu bulan penuh dari tanggal 26 Juli sampai dengan tanggal 24 Agustus 2022”, katanya.

Bupati Tatto juga mengatakan, TMMD yang dilaksanakan ini untuk mengakselerasi pembangunan di wilayah Cilacap, serta sebagai wahana untuk mendongkrak perekonomian masyarakatnya.

Diketahui, TMMD 115 Kodim 0703/Cilacap dalam pelaksanakannya akan melaksanakan kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik berupa, Pembuatan Talud Volume : Panjang 1.456 M x Kedua sisi jalan (2.912 M). Perkerasan jalan, volume : Panjang 1.456 M x L. 3 M. Pembuatan Gorong-gorong, Volume : 3 Titik/Unit. Pembuatan MCK, Volume : 2 Titik/Unit.

Sedangkan Sasaran Non Fisik berupa, Penyuluhan Belanegara/Wasbang. Penyuluhan tentang Ketahanan Pangan. Penyuluhan ketahanan keluarga anti Narkoba. Sosialisasi cegah Stunting, Pelayanan pengobatan gratis dan Vaksinasi Covid-19. Pelayanan KB dan pemberian sauvenir. Pelayanan pengobatan ternak gratis. Pembuatan SIM gratis, pembuatan Akte Kelahiran gratis (Bawah 1 tahun) dan Akte Kematian. Pelatihan kewirausahaan, Pelatihan pengolahan industri kecil dan Pengemasan produk serta promosi. Sosialisasi dan pendampingan kelompok tani ikan dll (Sesuai jadwal yang di koordinir oleh Diskominfo kabupaten).

Sasaran tambahan berupa Rehab RTLH sebanyak 6 Unit (3 Unit dari APBD Prop & 3 Unit dari CSR BASNAZ).

Pembukaan TMMD 115 Kodim 0703/Cilacap ditandai dengan penyerahan alat peralatan kerja oleh Bupati Cilacap kepada anggota Satgas TMMD perwakilan TNI, Polri dan masyarakat, serta dilaksanakannya penandatangan serah terima pengerjaan kegiatan oleh Bupati Cilacap kepada Dandim 0703/Cilacap disaksikan Danrem 071/Wijayakusuma dan pemukulan kentong oleh Danrem 071/Wijayakusuma dan Bupati Cilacap disaksikan Forkopimda Cilacap.

Usai dilaksanakannya seremoni pembukaan TMMD 115, Danrem 071/Wijayakusuma dan Bupati Cilacap beserta Forkopimda Cilacap meninjau lokasi pelaksanaan kegiatan.

(Tim patrolinews86)

Berita Terkait

Komandan Kodim 0625/Pangandaran Tinjau Penyemaian Bibit Mangrove di Desa Sukaresik
Wujudkan Keluarga Sehat, Kodim 0625/Pangandaran Bersama Persit Gelar Senam Sehat Bersama BP
Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, Prajurit Tanjungpura Akan Terima Penghargaan Dari Kasad cm
Nyatakan Perang terhadap Judi Online, Kodam IV/Diponegoro lakukan Screening Prajurit dan PNS.
Kapolres Boyolali Wakili Kapolda Jateng, dalam Acara tradisi Kenduri Wiwit Berkah Kopi Desa Banyuanyar
KBMKB Ke -23 Desa Demakijo Resmi Dibuka
Target TMMD Desa Gunung Hampir Rampung.

Berita Terkait

Kamis, 25 Juli 2024 - 10:15 WIB

Kapolres Pekalongan Kota Pimpin Apel PKS dan Launching Jateng Zero Bullying di SMKN 3 Pekalongan

Rabu, 24 Juli 2024 - 19:19 WIB

Pj.Bupati beserta Ketua FKKC dan Kuwu-Kuwu se Kabupaten Cirebon Hadiri Haul Mbah Kuwu Sangkan

Rabu, 24 Juli 2024 - 19:08 WIB

Sejumlah Mahasiswa KKN Tematik Universitas Nusa Nipa Maumere Membagikan Sembako Kepada Masyarakat Di Kelurahan Kota Uneng

Rabu, 24 Juli 2024 - 12:45 WIB

Gegara Tungku Manual (Hau) Rumah Wasri Warga Desa Mulyajaya hampir habis terbakar..

Selasa, 23 Juli 2024 - 20:28 WIB

POLRI PRESISI JUARA LIGA 2024

Selasa, 23 Juli 2024 - 20:22 WIB

Police Goes To School” Kapolsek Talun Berikan Bimbingan Dan Penyuluhan Kepada MTS Maharesi Siddiq.

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:53 WIB

Jalur Cipasung – Cikijing Sudah Mulai Ditutup Pengguna Jalan Harus Hati hati Cari Jalan Alternatif

Senin, 22 Juli 2024 - 22:37 WIB

Kidung Buhun Daya Tarik Utama Babarit Lembur Dayeuh Kolot Desa Cageur

Berita Terbaru