Pemerhati Sosial Zubirman, SH Sebut Institusi Penegakan Perda Satpol PP Kuansing Tak Berdaya. Ijin Bangunan Sarang Burung Walet DiPertanyakan.

- Penulis Berita

Senin, 10 Oktober 2022 - 18:47 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Pemerhati Sosial Zubirman, SH Sebut Institusi Penegakan Perda Satpol PP Kuansing Tak Berdaya. Ijin Bangunan Sarang Burung Walet DiPertanyakan.

KUANTAN SINGINGI-.patrolinews86.com.
– Menjamurnya bangunan sarang walet di Teluk Kuantan mendapat sorotan tajam dari salah seorang pemerhati sosial Kabupaten Kuantan Singingi Zubirman, SH. Sesungguhnya bangunan sarang burung walet itu setahu saya tidak punya ijin. Namun yang ada hanya Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) yang dikeluarkan oleh Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Kuansing.

” Iya, setahu Saya seperti itu, tidak memiliki ijin, bangunan sarang walet itu mengandalkan IMB, sehingga, ini dinilai telah menyalahi fungsi bangunan sebagaimana yang tertera dalam dokumen IMB tersebut, ” Ujar Zubirman, SH kepada Wartawan Senin (10/10/2022) siang.

Zubirman meminta pihak berwajib, seperti Satpol PP, dan Dinas CKTR Kuansing, agar segera menindak tegas dan sekaligus menertibkan bangunan – bangunan sarang burung tersebut, karena menurut Zubirman, keberadaan bangunan sarang burung walet itu, telah mengganggu kenyamanan masyarakat.

” Perlu ditertibkan segera, agar fungsi IMB sesuai dengan ijin pendirian bangunan tidak dilanggar, kalau ini dibiarkan, berati Pemda sengaja membiarkan oknum masyarakat mengangkangi Peraturan Daerah, terutama Perda IMB, ” Ucapnya.

Selain itu, Zubirman menyorot, tentang lemahnya Institusi Penegak Perda seperti Satpol PP Kuansing dalam penegakkan Perda. Ia meminta kepada Plt. Bupati Kuansing Suhardiman Amby untuk mengevaluasi kinerja Kepala Satpol PP Kuansing. Karena dinilai lamban, dan bahkan tidak mampu dalam menertibkan permasalahan ini. Ini jika dibiarkan, Kota Teluk Kuantan akan menjadi kota mati, yang dipenuhi ruko, namun fungsinya tidak sesuai IMB, apalagi berdiri di daerah bisnis seperti pasar dan jalan – jalan protokol.

” Saya minta, Satpol PP dan Dinas CKTR, segera cek ke lokasi, apakah bangunan ruko yang dibangun dan sedang dibangun itu telah sesuai dengan IMB nya, jika tidak perintahkan segera kembalikan ke fungsi sebenarnya sesuai dokumen IMB bangunan tersebut, ” Pungkasnya.

Kemudian, terkait persoalan bangunan sarang burung walet yang makin menjamur itu, Plt. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kuansing Shanty Epi Dimeti, SH menjelaskan bahwa ada 3 unsur yang harus dipenuhi secara berimbang dalam penegakan hukum, dalam hal ini penegakan peraturan daerah (perda) yaitu kemanfaatan, keadilan, dan kepastian hukum.

Satpol PP katanya, melakukan penegakan Perda sekaligus untuk memproyeksikan peningkatan Penghasilan Asli Daerah (PAD), sehingga dalam proses penegakan Perda dilakukan upaya pengumpulan dan perumusan bahan-bahan untuk peningkatan PAD.

“Terkait adanya bangunan-bangunan gedung yang digunakan untuk budidaya walet, yang disinyalir pendirian dan pemanfaatannya tidak didasarkan pada kaedah hukum yang berlaku, Satpol PP telah melakukan koordinasi dengan OPD terkait termasuk di dalamnya Dinas PUPR, DPMPTSP Naker, DLH, dan Dinas Kopdagrin dalam rangka penegakan Perda IMB, ” Sebut Shanty

Selain itu tambah Shanty, hal itu, telah diusulkan agar dibentuk Perda IMB Budidaya Walet sehingga dapat meningkatkan PAD serta sekaligus meningkatkan perekonomian rakyat yang sesuai dengan kaidah aturan hukum yang berlaku.

“Tentunya peran serta dan dukungan stakeholder lainnya khususnya masyarakat sangat diperlukan dalam penyelesaian permasalahan ini, ” Imbuh Shanty.

Sulmadri sp

Berita Terkait

10 Ribu benih Ikan dilepas Sekda Dian  di Situ Wulukut Desa Kertayuga Kuningan
Tokoh Pemuda Lubuk Mas Membantah Isu Miring Menggarap Tambang Ilegal Di Wilayah Jangkat
Puluhan Personil Polisi Dikerahkan dalam Pengamanan Malam Pengesahan Warga Tingkat I PSHT Kabupaten Pekalongan
REKONTRUKSI PENGASPALAN  MALEBER KUTAMANDARAKAN TINGKATKAN KUALITAS DAN KUANTITAS DALAM PENGERJAANNYA
Wakapolres Pekalongan Hadiri Ground Breaking Pembangunan Sarana Balap Motor
Protes ada perbaikan : Warga Desa Cimoyan Tanam Pisang Diruas Jalan Kabupaten
Relawan Lintangsongo Dukung Mas Dar Untuk Gubernur Jateng dan drg. Fauzan Bupati Boyolali
Polres Boyolali Jaga Situasi Kamtibmas, Gelar Apel Deklarasi Damai Perguruan Silat se-Kabupaten Boyolali

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 22:17 WIB

ini lah Pakaian Seragam Sekolah Jenjang SD SMP SMA Tahun Ajaran 2024-2025

Rabu, 10 Juli 2024 - 15:17 WIB

Jalur Siluman/Titipan PPDB SMPN Kota Bandung diduga Ditarif Jutaan Rupiah

Selasa, 9 Juli 2024 - 13:54 WIB

H.Abdul Rokman : Siap bahwa perubahan di SD NEGERI I Panembahan Kec Plered Cirebon

Rabu, 3 Juli 2024 - 22:07 WIB

Jalin Hubungan Baik dengan Wali Murid, SMP N 2 Klaten Adakan Parenting Education.

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:21 WIB

Plh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Drs. M. Ade Afriandi, MT Sidak PPDB Ke SMAN I Sukagumiwang Indramayu

Kamis, 27 Juni 2024 - 10:01 WIB

ACARA PERPISAHAN SDN TUGU MULYA 2 DIWARNAI DENGAN BERBAGAI KEGIATAN

Rabu, 26 Juni 2024 - 11:50 WIB

H. Zulkipli SPd MPd : Bersama Jajaran dan Komite Terus bersinergi majukan Sekolah.

Senin, 24 Juni 2024 - 06:20 WIB

Rakor PGRI, Sekda Dian : Guru Profesional Mampu Menginspirasi Peserta Didik

Berita Terbaru

PEMERINTAH DAN PARLEMEN

MATERIAL PEMBANGUNAN PLTU BATANG WAJIB MENGANTONGI IZIN

Sabtu, 13 Jul 2024 - 22:42 WIB