Diskominfo Klaten Gelar Monev Layanan Aduan OPD.

- Penulis Berita

Rabu, 5 Oktober 2022 - 20:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Klaten – Patrolinews86.com.
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Klaten menggelar monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan layanan pengaduan yang dikelola oleh organisasi perangkat daerah (OPD) di ruang rapat Diskominfo Klaten, Rabu (05/10/2022).

Kepala Diskominfo Klaten, Amin Mustofa mengatakan kegiatan tersebut digelar dalam rangka mewujudkan layanan informasi badan publik yang lebih baik dari sisi manajemen dan tata kelolanya. Di sisi lain, kegiatan yang menghadirkan 52 admin layanan aduan OPD ini juga digelar untuk mengetahui hal-hal yang perlu diperbaiki.
“Tujuannya dikumpulkan admin layanan pengaduan OPD ini, agar diketahui kendala yang dihadapi selama ini. Sehingga layanan aduan yang dihadirkan semakin baik ke depannya,” ungkapnya.

Diharapkan melalui kegiatan ini seluruh admin layanan pengaduan semakin memahami standar operasional prosedur (SOP) sekaligus meningkatkan kinerjanya dalam mengelola layanan. Selain itu, tata kelola layanan aduan diharapkan menjadi lebih tertata secara profesional.
“Peserta terdiri dari 26 admin kecamatan dan 26 admin Inspektorat, Satpol PP, badan, dan dinas di lingkup Pemkab Klaten. Sehingga diharapkan layanan ini semakin tertata dengan baik dan profesional,” paparnya.

IMG 20221005 WA0096

Dalam kegiatan ini turut dihadirkan narasumber dari Polres Klaten dan Kejaksaan Negeri Klaten. Dalam paparannya, narasumber mengenalkan layanan aduan yang dikelola masing-masing institusi sebagai pembanding.
Kasat Reskrim Polres Klaten, AKP Guruh Bagus Eddy Suryana yang hadir mewakili Kapolres Klaten menyampaikan layanan pengaduan Polres Klaten berbasis layanan pengaduan yang terpusat dalam sistem layanan Polri. Namun Polres Klaten juga menghadirkan layanan pengaduan lokal Klaten yang berbasis aplikasi whatApps.
“Layanan ini dikelola oleh admin Polres Klaten 24 jam non-stop untuk merespon aduan masyarakat. Layanan ini hadir untuk mempercepat respon aduan yang disampaikan oleh masyarakat,” katanya menjelaskan.
Selain layanan tersebut, Polres Klaten juga menghadirkan Grayandu atau Graha Pelayanan Terpadu sebagai inovasi dari Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Layanan tersebut hadir untuk mempermudah masyarakat yang hadir untuk mengakses layanan kepolisian dalam satu atap.

“Jika sebelumnya masyarakat yang mengakses SPKT, masyarakat akan didampingi petugas ke satkum (satuan hukum) Polres Klaten sesuai dengan kebutuhannya. Di Grayandu, masyarakat langsung dilayanan saat itu juga sesuai dengan kebutuhannya karena semua layanan satkum berada di bawah satu atap,” ujarnya.

Guruh menyampaikan layanan tersebut dapat diadopsi oleh Pemkab Klaten untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Menurutnya hal yang perlu diperhatikan adalah respon terhadap aduan yang masuk.
“Aduan yang masuk di layanan Lapor Polres Klaten sangat beragam. Namun oleh admin kami, diukur urgensinya. Semakin urgen, responnya juga semakin cepat, bahkan diteruskan hingga tingkat polsek untuk ditindaklanjuti,” katanya. (R Budiharjo/Kominfo Klaten)

Berita Terkait

MATERIAL PEMBANGUNAN PLTU BATANG WAJIB MENGANTONGI IZIN
Sambang Warga Desa Krajan, Bupati Klaten Dorong Perkembangan Ekonomi Desa.
ACARA TASYAKURAN & SEDEKAH BUMI DESA NUSAHERANG DIHADIRI PANGERAN KUDA PUTIH SULTAN SEPUH KERATON KASEPUHAN KESULTANAN CIREBON
Sejauh Mana Perhatian Pemprop Jabar Terhadap Guru Diniyah
Gubernur Jawa Barat Dua Periode 1993−2003 HR Nuriana Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra
Terkait Pernyataan Sikap 478 Anggota PC ANSOR Kabupaten Lahat, Ketua PC ANSOR Angkat Bicara
HARI HUT BHAYANGKARA DISAMBUT MASYARAT PENUH HIKMAT
Kapolres Boyolali Hadiri Perayaan HUT PP Polri ke-XXV dengan Meriah di Resto Joglo Desa Sendang, Karanggede

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 22:17 WIB

ini lah Pakaian Seragam Sekolah Jenjang SD SMP SMA Tahun Ajaran 2024-2025

Rabu, 10 Juli 2024 - 15:17 WIB

Jalur Siluman/Titipan PPDB SMPN Kota Bandung diduga Ditarif Jutaan Rupiah

Selasa, 9 Juli 2024 - 13:54 WIB

H.Abdul Rokman : Siap bahwa perubahan di SD NEGERI I Panembahan Kec Plered Cirebon

Rabu, 3 Juli 2024 - 22:07 WIB

Jalin Hubungan Baik dengan Wali Murid, SMP N 2 Klaten Adakan Parenting Education.

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:21 WIB

Plh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Drs. M. Ade Afriandi, MT Sidak PPDB Ke SMAN I Sukagumiwang Indramayu

Kamis, 27 Juni 2024 - 10:01 WIB

ACARA PERPISAHAN SDN TUGU MULYA 2 DIWARNAI DENGAN BERBAGAI KEGIATAN

Rabu, 26 Juni 2024 - 11:50 WIB

H. Zulkipli SPd MPd : Bersama Jajaran dan Komite Terus bersinergi majukan Sekolah.

Senin, 24 Juni 2024 - 06:20 WIB

Rakor PGRI, Sekda Dian : Guru Profesional Mampu Menginspirasi Peserta Didik

Berita Terbaru

PEMERINTAH DAN PARLEMEN

MATERIAL PEMBANGUNAN PLTU BATANG WAJIB MENGANTONGI IZIN

Sabtu, 13 Jul 2024 - 22:42 WIB