Terkait Penindakan Pelaku Bisnis Pasir Silika Ilegal, Ketua DPC PPWI Lamtim Minta APH Jangan Tebang Pilih

- Penulis Berita

Senin, 17 April 2023 - 06:40 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Terkait Penindakan Pelaku Bisnis Pasir Silika Ilegal, Ketua DPC PPWI Lamtim Minta APH Jangan Tebang Pilih

Lampung Timur patrolinews86.com – Ketegasan Aparat Penegak Hukum (APH) dalam menindak tegas para mafia pasir silika ilegal di wilayah Lampung Timur mendapatkan beragam respon dari masyarakat. Ketua Dewan Pengurus Cabang Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPC PPWI) Kabupaten Lampung Timur, Sopyanto atau yang biasa disapa Bung Fyan, ikut memberikan tanggapannya. Menurut Fyan, pihaknya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), mulai dari tingkat Mabes sampai tingkat Polsek Pasir Sakti.

“PPWI Lampung Timur menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Polri, dari Mabes hingga jajaran Polsek atas responnya terhadap kasus penambangan illegal pasir silika di wilayah Kecamatan Pasir Sakti, Lampung Timur, yang selama ini kami beritakan,” ungkap Fyan kepada jaringan media senusantara, Minggu, 16 April 2023.

Terkait adanya penangkapan beberapa waktu lalu, tambahnya, masyarakat Kecamatan Pasir Sakti, terutama warga di sekitar Pasar Semarang Baru, merasa puas dengan adanya penangkapan beberapa pemain pasir silika ilegal yang meresahkan. “Dalam wawancara investigasi Tim Media yang tergabung di PPWI, warga sekitar yang terdampak dengan adanya bisnis pasir silika ilegal merasa puas dengan adanya penangkapan beberapa orang yang bermain pasir silika ilegal yang meresahkan mereka,” tambah Fyan.

Namun, langkah dan respon aparat Polri yang sudah melakukan penegakan hukum atas kasus galian pasir silika secara illegal itu, masih menyisakan persoalan lagi sebab aparat terkesan tebang pilih dalam penindakan di lapangan. Pasalnya, oknum aparat yang turun ke lokasi tidak menindak seluruh pelaku aktivitas penambangan illegal di sana.

“Terlepas dari adanya ketegasan atau penangkapan yang mendapatkan respon positif itu, APH juga masih dianggap belum bekerja maksimal. Masyarakat setempat menduga APH melakukan tindakan yang tebang pilih dalam melakukan penangkapan,” sebut Fyan yang mengaku turun langsung mewawancarai warga sekitar tambang.

Merespon informasi tersebut, Fyan selaku Ketua DPC PPWI Lampung Timur, berkomentar dengan mengatakan bahwa semestinya Polri melakukan tindakan pencegahan atas terjadinya kegiatan penambangan illegal. Hal ini harus dimulai dari akar masalah yang menyebabkan kasus penambangan illegal ini terus terjadi.

“Terlepas dari keberhasilan APH melakukan penangkapan, agar tidak menimbulkan asumsi publik yang tidak konstruktif, APH seharusnya melakukan tindakan pencegahan mulai dari akar permasalahan. Tidak akan ada pengusaha ataupun mafia pasir silika ilegal bila tidak ada penambang ilegalnya. Jadi, semestinya selain melakukan sosialisasi terkait undang-undang minerba, kegiatan itu dibarengi dengan penangkapan para penambang ilegalnya,” jelas Fyan.

Sebagai analogi, katanya lagi, dalam persoalan narkoba, untuk memutus peredaran barang terlarang ini, Polri menargetkan bandar atau pemasok atau pabrik narkoba. “Pemakai narkoba itu adalah korban, yang harus dibina dan direhabilitasi. Begitupun dengan adanya pelaku bisnis pasir silika ilegal ini, APH seharusnya menargetkan penambangnya dulu. Karena bila tidak ada lagi penambang ilegalnya, maka saya bisa pastikan pengusaha pasir silika ilegal ini tidak ada. Jangan hanya pembeli dan pengirim pasir silika yang diamankan petugas, sementara penambangnya dibiarkan terus beroperasi,” tegas Fyan sambil mengatakan bahwa dirinya sepakat dengan suara sumbang atau asumsi masyarakat terkait penanganan dari APH yang terkesan tebang pilih.

Terkait pemberitaan yang selama ini terkesan diabaikan dan atau lamban ditanggapi oleh para pihak terkait, Fyan mengatakan bahwa ia berharap pihak berwenang dapat merespon dengan segera setiap laporan masyarakat, termasuk yang disampaikan melalui media massa. “Sayapun berharap kepada pihak berwenang agar cepat tanggap bila ada media yang memberitakan terkait adanya segala sesuatu yang ilegal atau melanggar hukum. Pers sebagai pilar keempat demokrasi dan sosial kontrol, melaksanakan tugas yang diamanatkan oleh undang-undang. Jangan abaikan pemberitaan dari media. Melalui pemberitaan, APH bisa melakukan tindakan pengungkapan dan penangkapan, dan hasil pemberitaan bisa dijadikan bukti petunjuk awal oleh APH untuk melakukan tindak-lanjut terkait kasus yang diberitakan,” harap Ketua DPC PPWI Lampung Timur, Sopyanto. (SPY/ppwi/Red)

Berita Terkait

PENYELAM PT. TIMUR BAHARI DI PLTU BATANG MENINGGAL DI DASAR LAUT
Puluhan Botol Miras Diamankan Polres Pekalongan Dalam Giat Kepolisian yang Dioptimalkan
Penemuan Mayat di Pemakaman Umum Dukuh Drono Ketaon, Diduga Bakar Diri, Polisi Bersinergi Untuk Evakuasi.
Ditinggal Tahlilan, Satu Unit Ruko di Kecamatan Sandai Terbakar
BERBAGI QURBAN, PRIAMANAYA GROUP SALURKAN QURBAN 26 EKOR SAPI
Polres Pekalongan Kurban 7 Sapi dan 2 Kambing, Diantaranya Disalurkan ke Takmir Masjid dan Pondok Pesantren
Idul Adha 1445 H, Lapas Brebes Sembelih 1 Ekor Sapi dan 7 Ekor Kambing
Polres Pekalongan Kota Bagikan Daging Hewan Kurban kepada Warga

Berita Terkait

Selasa, 23 Juli 2024 - 20:28 WIB

POLRI PRESISI JUARA LIGA 2024

Selasa, 23 Juli 2024 - 20:22 WIB

Police Goes To School” Kapolsek Talun Berikan Bimbingan Dan Penyuluhan Kepada MTS Maharesi Siddiq.

Senin, 22 Juli 2024 - 22:37 WIB

Kidung Buhun Daya Tarik Utama Babarit Lembur Dayeuh Kolot Desa Cageur

Senin, 22 Juli 2024 - 20:26 WIB

TIM SKY DIVING DIVISI BRIMOB POLRI RAIH GELAR INTERNASIONAL.

Senin, 22 Juli 2024 - 14:03 WIB

Bhabinkamtibmas Polsek Kedungwuni Berikan Materi Pencegahan Bullying dan Bahaya Narkoba saat MPLS Siswa/Siswi SMP NU Pajomblangan

Senin, 22 Juli 2024 - 13:58 WIB

Kapolres Kuansing Pimpin Upacara Sertijab Kabag Ops, Kasat Intelkam, dan Kapolsek Hulu Kuantan

Senin, 22 Juli 2024 - 13:54 WIB

Police Art, Satlantas Brebes Ajak Warga Menjadi Agen Pelopor Keselamatan

Minggu, 21 Juli 2024 - 18:00 WIB

Satlantas Polres Pekalongan Sosialisasikan Operasi Patuh Candi 2024 di Kolam Renang Prima Graha Wisata Karanganyar

Berita Terbaru

LINTAS DAERAH

POLRI PRESISI JUARA LIGA 2024

Selasa, 23 Jul 2024 - 20:28 WIB

Polri

PESAN KAPOLDA PAPUA MENDEKATI PILKADA

Selasa, 23 Jul 2024 - 20:26 WIB

PEMERINTAH DAN PARLEMEN

Peringati HBA, Kajari Brebes Sampaikan Amanat Jaksa Agung

Selasa, 23 Jul 2024 - 20:24 WIB