Dandim 0614/Kota Cirebon Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 Tingkat Kota Cirebon

- Penulis Berita

Selasa, 1 Oktober 2024 - 21:37 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Dandim 0614/Kota Cirebon Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 Tingkat Kota Cirebon

KOTA CIREBON, Patrolinews86.com – Bertempat di Lapangan Upacara Kantor Balai Kota Cirebon Jln. Siliwangi no.84 Kel. Kebonbaru Kec. Kejaksan Kota Cirebon, Komandan Kodim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Saputra Hakki, S.H., M.P.M telah menghadiri dan mengikuti kegiatan Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 Tingkat Kota Cirebon, Selasa (1/10/2024).

Turut hadir pada kegiatan Upacara Hari Kesaktian Pancasila tersebut diantaranya, Brigjen TNI Bayu Sudarmanto, S.E. (Danrem 063/SGJ), Kombes Pol I Made Sukawijaya SIK (Dirpolair Polda Jabar), AKBP M. Rano Hadiyanto, S.IK., M.M. (Kapolres Ciko), Drs. Agus Mulyadi M.Si. (Pj. Walikota Cirebon), Dr Iing Daiman S.ip M.si (Pj Sekda Kota Cirebon ), Andrie Sulistiyo S.E (Ketua DPRD Kota Cirebon), Para Kadis Pemkot Cirebon, Para SKPD Pemkot Cirebon, Perwakilan Tokoh Agama Kota Crb, Pelajar dan Mahasiswa Wilayah Kota Cirebon.

Pada Kesempatan tersebut Danrem 063/Sgj Brigjen TNI Bayu Sudarmanto di Daulat sebagai Inspektur Upacara untuk membacakan amanat dari Pj. Walikota Cirebon, sedangkan selaku Komandan Upacara dijabat oleh Danramil 1404/Kejaksan Lettu Inf I.G.N. Sujadi serta selalu Perwira Upacara dijabat oleh Pasipers Kodim 0614/Kota Cirebon Kapten Inf Sugeng R.

Pada amanat Pj. Walikota yang di bacakan oleh Inspektur Upacara Brigjen TNI Bayu Sudarmanto, mengatakan Peringatan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila memang tidak dapat dilepaskan dari peristiwa sejarah yang memilukan yaitu Gerakan 30 September 1965. Ketika itu, 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI Angkatan Darat gugur dan menjadi korban dalam gerakan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang merongrong eksistensi Pancasila.

Oleh sebab itu, peringatan atas peristiwa tersebut sejatinya adalah wujud penghormatan terhadap seluruh pahlawan yang berguguran dalam melakukan tugasnya untuk melindungi Pancasila. “turur Danrem 063/Sgj.”

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu kita jadikan sebagai momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang tangguh di masa yang akan datang. “ajakan Brigjen Bayu Sudarmanto.”

Pancasila harus kita jadikan sebagai titik berangkat sekaligus tujuan pembangunan pada setiap level pembangunan. Inilah titik kisar kesaktian Pancasila itu. “ajak Danrem 063/Sgj.”

Saktinya Pancasila terletak pada bagaimana Pancasila senantiasa dapat dijadikan sebagai panduan moral dan petunjuk dalam perilaku dan kehidupan sebagai bangsa. Pancasila adalah rumah bagi terciptanya gotong royong dalam rangka menciptakan ruang hidup yang aman, nyaman, yang mengedepankan nilai-nilai inklusivitas dan toleransi.

Saktinya Pancasila terletak pada ruang yang dimungkinkan oleh Pancasila untuk memastikan setiap warga masyarakat dapat mewujudkan kemerdekaan yang sebenar-benarnya.

Kita semua memiliki tanggung jawab untuk terus menghadirkan transformasi yang selalu sejalan dengan pesan Bung Karno dalam pidato Lahirnya Pancasila, yaitu “di atas kelima dasar Pancasila, kita mendirikan negara Indonesia; kekal dan abadi”.Idonesia yan kekal dan abadi adalah Indonesia yang masyarakatnya tangguh, yang masyarakatnya memiliki kompetensi tinggi, dan yang masyarakatnya mengusung moral yang luhur; moral Pancasila. bersama Pancasia Kita Wujudkan Indonesia Emas. “pungkasnya.”

Pada kesempatan itu pula usai membacakan amanat Pj. Walkota Cirebon, Danrem 063/Sgj Brigjen TNI Bayu Sudarmanto, berpamitan kepada semua jajaran Pemerintah Kota Cirebon sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan sebagai Komandan Korem 063/Sgj periode tahun 2024 ini.

Saya mengucapkan terima kasih atas kerja samanya kepada Pemerintah Kota Cirebon beserta jajarannya, dan Saya mohon pamit dan mohon doanya ditempat tugas yang baru agar bisa melaksanakan tugas dengan baik. “pungkas Brigjen TNI Bayu Sudarmanto.”

Usai melaksanakan Upacara saat di temui oleh Media, Komandan Kodim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Saputra Hakki, S.H., M.P.M mengatakan, melalui Kegiatan Upacara ini diharapkan sebagai generasi muda saat ini, sudah sepatutnya kita senantiasa menjadikan keteladanan para pahlawan sebagai inspirasi untuk terus menghidupkan Pancasila dan membumikan Pancasila dalam sikap dan perilaku kita. “tegasnya.

(Dedi)

Berita Terkait

Plt. Kapolres Boyolali Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2024
Komandan Kodim 0405 Lahat Beserta Perwira Peringati HUT TNI Ke 79
Dandim 0614/Kota Cirebon Mendapat Surprise HUT Yang Ke 42 Dari Seluruh Anggota nya
Bupati Klaten Hj.Sri Mulyani Tutup KBMKB Desa Geneng Prambanan.
Jelang HUT TNI, Dandim 0725/ Sragen Pimpin Bersih bersih Tempat ibadah, pasar dan pengobatan gratis
Peringati HUT TNI, Kodim 0725/Sragen gelar berbagai Baksos
Komandan Kodim 0405 Lahat Asis Kamarudin Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW
KBMKB XXV Sasar Pembangunan Fisik Sektor Pertanian di Pundungan, Trucuk
Tag :

Berita Terkait

Kamis, 12 September 2024 - 06:24 WIB

Kebakaran Besar Melanda Deretan Kios Serta Warung Di Kawasan Belakang Pasar Alok, Maumere.

Selasa, 6 Agustus 2024 - 18:01 WIB

Gulala Guci Tegal Gelar Mengajar Bersama Anak SD Untuk Perkenalkan Dunia Perhotelan 

Selasa, 25 Juni 2024 - 23:26 WIB

Dipamerkan di Paseban Tri Panca Tunggal ada Wayang Usia 200 tahun

Minggu, 23 Juni 2024 - 18:56 WIB

Demi Untuk Memuaskan Pengunjung Pengelola Objek Wisata Waduk Darma Harus Merevitalisasi Sarana Bermain Anak-Anak Agar Lebih Layak

Minggu, 28 April 2024 - 07:38 WIB

Pusat Gempa di Garut Guncangannya terasa sampai ke daerah Lain

Selasa, 16 April 2024 - 20:08 WIB

Libur Idul Fitri 2024, Destinasi Wisata di Majalengka Kian Diminati, PJ Dedi Supandi: H+4 Meningkat Hingga 300%

Minggu, 14 April 2024 - 15:16 WIB

Libur Lebaran, Jumlah Pengunjung Watter Boom Mini Soccer Membludak

Sabtu, 9 Maret 2024 - 09:59 WIB

Lestarikan Budaya, Kapolri Buka Wiwitan Pasa II di Yogyakarta

Berita Terbaru